Dua Negara Ini Siap Untuk Rekrut Hacker Haikal

Sandi Nugraha 09 Apr 2017 - 13:18

Nasib baik rupanya menghinggapi Sultan Haikal, remaja berusia 19 tahun, hacker ulung yang mampu membobol keamanan 4.600 situs online. Tak hanya akan direkrut oleh Mabes Polri, dia juga ditawari bekerja di luar negeri.

Kuasa Hukum Sultan Haikal, Ramdhan Alamsyah menyebutkan, Sabtu (8/4/2017), kliennya mendapat tawaran bekerja di luar negeri karena kemampuannya sebagai hacker. Berita tentang Haikal yang membobol situs Tiket.com hingga menglami kerugian mencapai Rp4,1 miliar sudah menyebar sampai mancanegara.

Jerman dan Singapura adalah dua dari negara yang sudah menyatakan agar Haikal bergabung dengan mereka pasca kasus hukum yang menimpanya selesai. "Alangkah sayangnya kalau orang-orang luar itu yang merekrut Haikal," kata Ramdhan.

Ramdhan mengharapkan, pemerintah lebih bijak memikirkan masa depannya. Sehingga, anak jenius seperti Haikal tidak dipekerjakan negara lain. Dengan keahliannya, Ramdan berharap pemerintah maupun pihak terkait dapat menyalurkan bakat dan minta Haikal sebagai ahli teknologi.

Dia juga berharap agar pemerintah atau pihak terkait dapat memanfaatkan potensi Haikal. Jangan sampai nanti, keahlian Haikal justru dimanfaatkan negara lain karena dia punya potensi besar.

Sebelumnya, santer terdengar Haikal bakal direkrut oleh Mabes Polri.Sinyal itu diungkapkan Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi. Polri memang berencana merekrut Haikal dan hacker-hacker lain untuk membantu sebagai tim siber dan partner Polri. "Supaya dia bisa bermafaat bagi bangsa ini," begitu kata Idam.

Dari empat pelaku, pembobol situs penjualan online www.tiket.com, hanya Haikal yang direkrut. Selain Haikal, Polri juga akan mencari hacker remaja lainnya untuk direkrut. Nantinya, mereka akan menjadi mitra kepolisian untuk urusan dunia siber. Perekrutan ini, adalah rencana agar remaja yang memiliki kemampuan seperti Haikal bisa berguna bagi bangsa Indonesia.


Profile Picture of Sandi Nugraha
Sandi Nugraha

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts