Google Menambahkan Fitur Pencarian Barang Belanja Untuk Menyaingi Amazon

Dwi Purwanto 14 Apr 2017 - 20:28

Google menambahkan fitur belanja baru di Image Search yang disebut “style ideas” untuk aplikasi di Android dan web ponsel. Fitur ini menunjukkan pengguna melihat dengan teliti barang fashion saat item-item barang yang spesifik itu tampak mirip dengan yang lain.

“Dengan style ideas Anda dapat melihat pilihan nyata tas dan jean yang tampak dikenakan dengan separuh hak tinggi merah yang pernah Anda lihat,” kata Julia Enthoven, Associate Product Manager Google, di blog Google, 13 April 2017.

Fitur awal, yang diluncurkan untuk pencarian di ponsel, mendemontrasikan pencarian sebuah tas dari Zara. Di bawahnya berderet produk sejenis berupa tas dari berbagai model foto yang dipasangkan dengan jaket jean, sepatu bot kulit abu-abu, dan jilbab pink pastel.

Fitur baru ini jelas ditujukan bagi orang-orang yang mencari produk dan berpikir bahwa Google adalah tempat untuk memulai mencari barang yang dicari. Jadi menyasar mereka yang mencarinya bukan dari portal belanja seperti Amazon atau eBay. Meski Google secara umum unggul dalam pencarian, tapi Google tertinggal di belakang Amazon ketika menelusuri produk. Dan tren ini makin buruk bagi Google.

Sekitar 55 persen pembeli online Amerika memulai pencarian mereka untuk item-item barang di Amazon, menurut survei tahun lalu oleh start up Bloom Reach. Angka itu naik dari 44 persen ketika start up itu mensurvei halyang sama pada tahun sebelumnya. Saat itu, prosentase pembeli yang memulai mencari produk di mesin pencari seperti Google turun dari 34 persen menjadi 28 persen.

Fitur ini tampaknya bukan hanya menyasar keunggulan Amazon, tapi juga Pinterest, yang menawarkan alat ekstensi Chrome yang mirip dengan ide-ide gaya baru fitur Google.

Ekstensi Chrome Pinterest, yang membiarkan pengguna menyimpan gambar yang mereka lihat secara online di Pinterest tanpa harus kembali ke situs, juga memudahkan pengguna memilah item barang belanja. Alat juga meminta Pinterest mencari produk serupa berdasarkan gambar yang dikenali oleh software Pinterest.


Profile Picture of Dwi Purwanto
Dwi Purwanto

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts