Korea Utara gelar parade militer, pamer rudal balisik antarbenua

irfan setiawan 15 Apr 2017 - 13:22





stasiun televisi Korea Utara hari ini menayangkan siaran peringatan kelahiran pendiri negara mereka Kim Il-sung yang ke-105. Seperti rutin saban tahun, peringatan itu dilakukan dengan parade militer di Ibu Kota Pyongyang disaksikan langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-un.

Selain menampilkan barisan para tentara, tank, roket, Korut juga memamerkan kekuatan persenjataan militer seperti rudal balistik antarbenua yang belum pernah dilihat langsung oleh para pengamat militer Korea Selatan.



Para ahli mengatakan rudal balistik itu suatu hari nanti akan mampu menyasar target sejauh benua Amerika Serikat, meski belum diuji coba.




Dalam parade ini juga terlihat rudal jarak menengah yang disebut 'Musudan' dan berpotensi menjangkau pangkalan udara AS di Guam.



Kim Jong-un menyaksikan parade militer ini dengan wajah yang terlihat senang dan bangga.



Choe Ryong Hae, sosok yang diyakini orang kuat kedua di Korut setelah Kim Jong-un, hari ini mengatakan pemerintahan AS di bawah Donald Trump telah menciptakan 'situasi perang' di Semenanjung Korea dengan mengerahkan armada militer mereka di kawasan ini.



Beberapa hari lalu AS mengirimkan armada kapal perang mereka ke Semenanjung Korea, termasuk pesawat tempur, dengan alasan buat mengantisipasi uji coba rudal Korut.

"

Kami akan merespons perang habis-habisan dengan perang habis-habisan dan perang nuklir dengan serangan nuklir," ujar Choe dalam parade militer ini.


Profile Picture of irfan setiawan
irfan setiawan

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts