Kotoran Luwak Hingga Manusia Diolah Jadi Makanan Lezat, Mau Coba?

vaka 10 Apr 2017 - 14:12



Memakan kembali kotoran merupakan hal yang tak lazim. Namun siapa sangka bahwa kotoran sebetulnya memiliki rasa yang lebih lezat daripada makanan olahan biasa. Contoh sederhana adalah kopi luwak, kopi yang didapatkan dari feses hewan ini malah dihargai mahal karena rasanya lebih nikmat daripada kopi biasa.

Tak hanya mengandalkan proses alami, rupanya para ilmuwan membuat berbagai terobosan baru dengan membuat bahan pangan yang dibuat dari kotoran. Tak hanya kotoran hewan saja yang diolah menjadi makanan siap saji, kotoran manusia pun dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi krisis bahan pangan di masa depan. Gak percaya? Simak penjelasan berikut.

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak, kopi mahal yang didapatkan dari feses luwak © merdeka.com

Benda satu ini sudah menjadi sangat populer hingga ke mancanegara. Seperti yang telah diketahui, kopi luwak didapatkan dari feses musang. Yang menyebabkan kopi ini dicari dan dihargai mahal adalah kualitasnya yang berbeda dari kopi biasa. Dipercaya bahwa kopi luwak merupakan biji kopi pilihan karena luwak adalah hewan yang selektif. Fermentasi dari enzim luwak juga menjadikan kopi yang keluar dari tubuh hewan mamalia ini menjadi lebih gurih dibandingkan kopi biasa.

2. Teh Hijau Panda

Teh Hijau Panda yang terbuat dari kotoran Panda © wikipedia

Kamu pasti sudah dapat menebak bahwa teh hijau ini didapatkan dari kotoran Panda. Teh buatan An Yashi, seorang dosen Universitas Sichuan, China ini memang merupakan hasil ekstraksi kotoran panda. Teh hijau kotoran panda ini dianggap sangat bermanfaat karena tingginya serat bambu yang berasal dari kotoran panda. Oleh sebab itu teh ini juga tak kalah mahal dari kopi luwak. Teh ini dibanderol dengan harga 853 juta per pon. Wow!

3. Pooperoni

Peperoni yang difermentasikan menggunakan bakteri dari kotoran bayi © Live Science

Bagi penggemar pizza, pepperoni sudah bukan barang asing lagi. Pepperoni merupakan sosis yang terbuat dari daging sapi, yang membuat sosis ini sedikit berbeda adalah teksturnya yang lembut, agak berasap, dan berwarna merah cerah. Dalam pembuatannya, pepperoni membutuhkan bakteri khusus. Namun para peneliti menganggap bahwa bakteri pepperoni ini tidak sehat oleh sebab itu para peneliti mencoba untuk mengganti bakteri dengan kotoran bayi. Gimana? Masih ingin menyantap pizza pepperoni?

4. Kopi Black Ivory

Kopi Black Ivory yang lebih mahal daripada kopi luwak karena berasal dari kotoran Gajah Thailand © dailymail.co.uk

Mirip dengan kasus kopi luwak, kopi Black Ivory juga didapatkan dari feses hewan. Bedanya, kopi mahal asal Thailand ini didapatkan dari feses Gajah Thailand. Rupanya harga kopi luwak sempat terkalahkan kopi yang hanya diolah di sebuah resor Thailand ini. Sebab harga kopi Black Ivory ini bisa mencapai miliaran rupiah atau 650 ribu rupiah per cangkir. Apa kamu rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk meminum kopi dari kotoran?

5. Steak kotoran manusia

Seorang peneliti asal Jepang menemukan steak yang terbuat dari kotoran manusia © face2face

Sebagai bentuk antisipasi krisis pangan global, seorang ilmuwan asal Jepang membuat daging steak dari kotoran manusia. Steak ini merupakan hasil isolasi protein, karbohidrat, dan lemak dari bakteri yang terdapat pada kotoran manusia. Setelah diekstrak, ketiga unsur penting tersebut disatukan kembali dan diberi perasa sehingga dapat menggugah selera makan konsumen.


Profile Picture of vaka
vaka

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts