Longsor Susulan Ponorogo, Dua Rumah Tertimbun

Rokman 10 Apr 2017 - 20:02

Longsor Susulan Terjadi di Ponorogo, Dua Rumah Tertimbun

Longsor susulan terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Timbunan material tanah bercampur air dari longsor pertama tiba-tiba ambrol dan mengalir sektor A hingga D. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Berita Terkait

  1. Longsor Susulan Ponorogo, Evakuasi Dihentikan

Dari pantauan detikcom, Minggu (9/4/2017), peristiwa longsor berskala besar tersebut mulai terjadi pada pukul 11.45 WIB. Ratusan anggota tim SAR gabungan yang sedang melakukan upaya penyisiran korban yang hilang langsung panik dan berusaha menyelamatkan diri.

Sejumlah operator alat berat yang beroperasi di sektor B, C dan D juga mengalami kepanikan. Bahkan salah satu alat berat di sektor D menjadi korban karena ikut terseret arus longsor dan tertimbun total.

"Untuk operatornya sudah berhasil menyelamatkan diri semua, selain itu longsor ini tadi juga menyebabkan dua rumah roboh, lima sepeda motor dan dua unit mobil tertimpa longsor di sektor D," kata salah seorang anggota SAR, Beny Sukamto, Minggu (9/4/2017).

Menurutnya, rumah yang roboh, sebelumya masih dalam kondisi utuh dan digunakan untuk posko dapur umum, sedangkan dua unit mobil yang tertimbun, masing-masing satu unit jenis panther, milik relawan dan mobil jenis dobel kabin milik unit K-9 Polda Jatim.

Longsor Susulan Terjadi di Ponorogo, Dua Rumah Tertimbun

"Tadi untuk mobil K-9 itu ada isinya tiga ekor anjing pelacak, tapi saat ini sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," imbuhnya.

Hingga pukul 14.30 WIB, pergerakan material tanah bercampur lumpur masih terus terjadi. Untuk mencegah jatuhnya korban, aparat kepolisian, TNI dan tim evakuasi berusaha mengevakusi puluhan warga yang tinggal di Dusun, Krajan perkampungan yang ada di bawah sektor D.

"Disini sangat rawan, karena dari atas itu material tanah terus bergerak ke bawah, bahkan air dai longsoran itu sudah sampai di jembatan. Makanya saat ini kami lakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman," ujar Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi.

Akibat kejadian ini proses pencarian dihentikan sementara dan seluruh tim SAR maun relawan ditarik ke lokasi yang lebih aman.

"Kondisinya sangat mengkhawatirkan, untuk sementara berhenti hingga kondisi lebih aman," kata Komandan Tim Basarnas, Asnawi


Profile Picture of Rokman
Rokman

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts