Melihat ritual Batagak Pangulu di Sumatra Barat

gibranns 14 Apr 2017 - 15:34

Masyarakat Nagari Sungai Patai di Sumatra Barat menggelar ritual penobatan para penghulu baru atau Batagak Pangulu, yang terakhir kali digelar tahun 1994 lalu.

Warga menyembelih seekor kerbau di Nagari Sungai Patai, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (12/04), yang akan menjadi hidangan utama pada hari penobatan penghulu. Foto dan teks oleh Zulkifli untuk BBC Indonesia.

Baca Juga

  1. 5 Pasangan musuh bebuyutan di sinetron ini paling bikin geregetan

Kepala kerbau ini menjadi salah satu perlambang dalam tradisi penobatan penghulu di Minangkabau yang disebut Batagak Pangulu.

Warga bergotong royong untuk memasak daging kerbau yang akan dihidangkan pada hari penobatan penghulu.

Aulia Rahman (kiri) yang berusia 27 tahun, merupakan salah seorang calon penghulu yang akan dinobatkan dengan gelar Datuk Lelo Nan Putiah.

Pemasangan deta putih di kepala Aulia Rahman dalam ritual Baminyak di Rumah Gadang Suku Panai, Kamis (13/04), merupakan ritual kunci yang akan mengikat seorang pria dengan gelar adat yang disandangnya.

Kaum perempuan dari keluarga calon penghulu bersama-sama dengan warga bersiap menyambut arak-arakan penghulu Nagari Sungai Patai.

Pencak silat menjadi bagian penting dalam prosesi penyambutan arak-arakan di Nagari Sungai Patai.



Kamis (13/04).

Sesepuh masyarakat mendampingi para calon penghulu, yang akan mengemban amanah untuk menjaga nagari dan masyarakatnya.

Para pemuka adat berkumpul di Balai Adat Nagari Sungai Patai sebelum menggelar sumpah penobatan kepada penghulu baru, yang terakhir kali dilaksanakan di Nagari Sungai Patai tahun 1994.

Datuk Pucuk sedang membacakan sumpah penobatan kepada 10 orang penghulu atau datuk yang baru.


Profile Picture of gibranns
gibranns

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts