Penari Dolalak Purworejo Pentas di TMII Jakarta

daffa alhafidz 11 Apr 2017 - 21:57

dolalak purworejo


Purworejo,( sorotpurworejo.com) - Dolalak, tarian khas yang menjadi ikon Purworejo kembali mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam pertunjukan seni dan budaya di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu (09/04/2017). Selain pertunjukan tari, pada kesempatan itu juga ditampilkan berbagai produk unggulan lokal Purworejo.

Ratusan masyarakat Purworejo perantauan yang ada di Jakarta, baik perorangan atau yang tergabung dalam beberapa paguyuban ikut menyemarakkan kegiatan tersebut. Tidak hanya warga Purworejo, beberapa warga Jawa Tengah yang sedang berlibur juga ikut menikmati pertunjukan tersebut.

Baca Juga

  1. Taekwondo Pancang Target Dua Emas di SEA Games 2017
  2. 'Maskapai Bikini' Terbang ke RI, Jadi Alternatif Rute ke Vietnam
  3. Ini Karakter Orang Indonesia Saat Beli Mobil
  4. Baru Beli, Andhika Pratama Pamer Mobil Rp3 Miliar
  5. Ini Syarat Mobil Ramah Lingkungan Agar Dapat Insentif

Eko Marsono, pendamping rombongan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo menjelaskan, seluruh rombongan berjumlah 50 orang. Tema tari dolalak yang ditampilkan adalah tari dolalak dari masa ke masa. Menceritakan tentang awal penari dolalak dari simbah hingga remaja.

“Dulu itu dolalak ditarikan oleh simbah-simbah, kemudian ke anak kecil, ke remaja putra dan sekarang penari putri yang lebih laris daripada remaja putra. Tadi kami dahului dengan sesaji. Sesaji juga mengambil salah salah satu budaya yang ada di Kecamatan Kaligesing,” jelas Eko.

Eko berharap pentas seperti ini tetap ada untuk uri-uri budaya. Selain itu ia juga berharap Pemkab Purworejo juga memberikan fasilitas lebih leluasa. Baik kesempatan untuk latihan hingga kesempatan untuk pentas. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Agus Bastian dan sejumlah rombongan.


Profile Picture of daffa alhafidz
daffa alhafidz

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts