Terpilih Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra Akan Melepas 3 Jabatan

Asmana 09 Apr 2017 - 20:27



Pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas yaitu Profesor Saldi Isra, terpilih menjadi salah satu hakim di Mahkamah Konstitusi sebagai pengganti Patrialis Akbar, ia akan melepaskan tiga jabatan yang dipegangnya sekarang.
Sesuai dengan aturan yang berlaku hakim konstitusi tidak boleh merangkap jabatan, rencananya Senin besok Saldi akan membuat surat pernyataan pengunduran diri dari tiga jabatan yang diembannya saat ini, sebagai dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, Komisaris Utama PT. Semen Padang dan Direktur Pusat Studi Konstitusi.
“Kalau itu sudah jelas aturannya tidak boleh rangkap jabatan, semua posisi yang ada pada saya hari ini akan dilepas, saya harus non-aktif sebagai dosen di Fakultas Hukum, kemudian Senin akan mengajukan dan menyatakan mengundurkan diri dari Semen Padang sebagai Komisaris Utama, dan Senin itu juga saya akan menyatakan mengundurkan diri sebagai Direktur Pusat Studi Konstitusi jadi supaya semua selesai dan saya betul-betul konsentrasi menghadapi tugas di Mahkamah Konstitusi,” terangnya usai memberikan kuliah di Fakultas Hukum Ekstensi Unand di jalan Pancasila Padang, Minggu (9/4/2017)

Saldi mengakui, secara Informal sudah diberitahu soal pelantikan sejak hari Kamis lalu dan diminta untuk bersiap dilantik pada Selasa 11 April nanti. “Pelantikan itu akan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan anggota KPU dan Bawaslu yang baru di Istana Negara pukul 10.00 WIB,” ucapnya.
Mengenai persiapan, Saldi menuturkan tidak ada kesiapan apapun mengenai pelantikan.
“Ya kita datang ke Jakarta lalu dilantik,” katanya.
Soal apa program nanti akan dilakukan setelah terpilih jadi hakim konstitusi Saldi Isra belum mau berkomentar.
“Nanti kalau program itu setelah kita dilantik,” ucapnya dengan singkat.
Begitu juga soal tempat tinggalnya Saldi masih membicarakan dengan pihak keluarga, apakah dia akan bermukim di Jakarta atau di Padang.
“Kita juga masih tahap pembicaraan dengan keluarga nanti akan diputuskan,” pungkasnya.


Profile Picture of Asmana
Asmana

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts