Waspada! Khatamkan Al-Qur'an Bisa Bawa Keburukan, Kenapa?

Maulida 13 Apr 2017 - 08:40

 Waspada! Khatamkan Alquran Bisa Bawa Keburukan, Kenapa?


infoGue.id – Alquran merupakan kitab suci yang diturunkan Allah kepada Rasulullah. Membaca salah satu mukjizat Rasulullah ini adalah suatu ibadah umat muslim yang luar biasa, apalagi jika dilakukan pada bulan Ramadan yang benuh berkah. Sebab, setiap satu huruf akan dibalas dengan berlipat-lipat pahala.



Alquran membawa kebaikan bagi pembacanya, baik kebaikan di duniawi maupun untuk akhirat. Namun, bagaimana jika dalam membaca Alquran diniatkan dengan niat yang salah?. Hal itu pasti akan memberikan keburukan bagi pembacanya.

Lantas, niat apa sajakah yang berujung membawa keburukan bagi pembacanya?. Berikut ini ulasannya:

Niat Untuk Ria Atau Pamer
Ria yaitu memperlihatkan amalan kebajikan, kebaikan dengan tujuan dilihat dan dipuji orang lain dikarenakan amal tersebut. Perbuatan inilah yang dapat merusak sebuah ibadah seseorang.

Jika Anda berusaha mengkhatamkan Alquran hanya ingin dilihat teman, keluarga dan orang lain, maka alangkah lebih baik jangan khatamkan Alquran tersebut. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berbangga-bangga dengan amalannya.

Dengan kata lain, segala ayat yang telah dibaca hanya sampai lidah semata dan tidak mampu menembus hati serta pikiran. Hal ini tentu menjadi sia-sia belaka bagi pembacanya.

Baca Juga

  1. Heboh Kepala Kuntilanak Disimpan di Dalam Toples
  2. Wow, Pria ini Tarik Tujuh Sedan Pakai Alat Vitalnya


Untuk Menyombongkan Diri
Sombong adalah sifat tercela yang yang sangat dilarang dalam agama Islam. Keluarnya iblis dari surga juga karena sombong. Iblis merasa dirinya lebih mulia dan meremehkan Adam, maka Allah pun melaknatinya.

Jika hal ini juga terjadi pada orang yang mengkhatamkan Alquran, kemudian sombong dan meremehkan orang lain yang belum bisa membaca Alquran, maka ditakutkan Allah akan melaknatinya.

Padahal, Allah bisa jadi lebih menerima amalan orang yang belum bisa membaca Alquran namun rendah hati. Dibanding dengan orang yang berkali-kali khatam namun merasa penuh dengan amalannya.

Lupa dan Melalaikan Kewajiban Lain
Untuk bisa mengkhatam Alquran, biasanya seseorang jadi lupa waktu. Terutama dalam bulan Ramadan, ia sibuk terus-menerus membaca Alquran hingga lupa kewajibannya yang lain.

Misalnya, seorang istri yang lupa mengurus anak atau tidak memenuhi kebutuhan pasangannya karena ingin bisa khatam. Sungguh tidak akan ada gunanya mengkhatamkan Alquran jika nilai yang ada di dalamnya tidak diaplikasikan dalam kehidupan.

Itulah empat niat yang salah dalam mengkhatamkan Alquran. Semoga Anda semua tidak tergolong di dalamnya ya!. Karena, hal tersebut hanya akan membawa Anda dalam keburukan.


Profile Picture of Maulida
Maulida

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts