Waspada Penyebar Berita Hoax, Google Akan Menandai "Hoax" di Hasil Pencariannya

Gibran Al Ghazali 10 Apr 2017 - 18:32


Waspada buat anda yang suka menyebarkan berita hoax karena Google mulai menerapkan langkah-langkah yang dijanjikan untuk memerangi penyebaran berita palsu alias hoax melalui layanannya.
Akhir pekan lalu, Google mulai menandai berita-berita yang muncul di mesin pencarinya, dengan hasil kroscek fakta dari tim verifikasi pihak ketiga.

Laman Google Search akan memperlihatkan klaim dari berita dimaksud, lalu menyandingkannya dengan hasil kroscek. Berita akan ditandai sebagai "benar", "salah", atau belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Disediakan pula tautan untuk memberikan masukan apabila pengguna merasa masih ada yang janggal dari hasil pemeriksaan fakta (fact check).

"Dengan menampilkan hasil pengecekan fakta di hasil search, kami berharap pengguna bisa lebih mudah meninjau dan membuat penilaian sendiri," kata Google dalam sebuah posting blognya.

Google pertama kali menguji kemampuan label kroscek tahun lalu, fitur itu kini sudah tersedia untuk hasil pencarian Google News dan Search dalam semua bahasa.

Namun fitur ini kerjanya belum sempurna. Tak semua berita bakal ditandai oleh pemeriksa fakta. Proses verifikasi pun relatif memakan waktu, bisa mencapai berhari-hari, sementara hoax bisa menyebar luas dalam waktu sangat singkat.

Selain Google, Facebook juga mulai menerapkan nya untuk memerangi berita hoax ini, Bulan lalu jejaring sosial itu memberi label peringatan untuk konten yang kebenarannya diragukan.

Terima kasih atas kunjungannya, Semoga informasi yang berjudul Waspada Penyebar Berita Hoax, Google Akan Menandai "Hoax" di Hasil Pencariannya yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua.


Profile Picture of Gibran Al Ghazali
Gibran Al Ghazali

Hello semua, saya adalah salah satu kontributor pada situs ini, semua kontributor akan menyertakan artikel unik mereka disini, dengan sumber daya terpercaya, berita terhangat, berita terbaru seputar hal yang terjadi di indonesia.

Related Posts