Inspirasi

Mau Gunakan Lantai Kayu di Rumah? Kenali Dulu Yuk Plus Minusnya di Sini!

InfoGue.idDari banyaknya elemen interior yam ada di rumah, lantai juga memiliki peranan yang cukup penting sekali dan harus diperhatikan dalam membangun sebuah hunian tinggal, akan tetapi pada kenyataannya bagian interior satu ini kerap kali dilupakan oleh banyak orang. Padahal lantai yang tepat dapat memberikan perlindungan bagi penghuninya. Bayangkan saja jika Anda salah dalam memilih material lantai untuk ruangan Anda, bisa – bisa Anda atau penghuni rumah yang lain alami kecelakan seperti terpeleset atau pun terjatuh.

Nah, salah satu material yang dianggap paling baik untuk cegah terjadinya kecelakaan tersebut adalah lantai kayu. Tak hanya memberikan perlindungan bagi penghuni rumah, pemilihan lantai kayu ini ternyata juga jadi favorit bagi banyak orang sebab sifatnya aestetik sehingga bisa memperindah penampilan rumah Anda. Tapi, apa lantai kayu baik untuk rumah Anda? Mari kenali terlebih dulu plus minus dari lantai kayu sebelum Anda menggunakannya agar Anda semakin yakin lagi.

Plus Minum Penggunaan Lantai Kayu di Rumah

Kelebihan penggunaan lantai kayu di rumah

  • Dikarenakan lantai kayu ini memiliki bahan kayu yang solid, sehingga bisa memberikan kesan aestetik yang sangat bagus dan menarik sebab corak alami yang diciptakannya. Kesan alami dari lantai kayu tersebut bisa buat Anda merasa lebih betah ada di dalam rumah, apalagi buat Anda yang suka dengan suasana alam.
  • Kayu memiliki sifat yang bisa menyimpan panas saat siang hari dan bisa hangatkan udara di saat malam hari, sehingga menjadikan suhu ruangan lebih cenderung menyesuaikan diri dengan baik. Sehingga Anda tak perlu khawatir lagi harus merasa terlalu dingin atau pun panas dengan penggunaan lantai kayu tersebut.
  • Sejatinya untuk membersihkan lantai kayu tak sesulit yang Anda bayangkan. Cukup dengan menggunakan vacuum claner atau pun sapu bulu halus Anda sudah bisa bersihkan kotoran. Selain itu, untuk membersihkan noda maupun benda cair, cukup menggunakan lap halus.
  • Menariknya lagi lantai kayu ini juga diyakini bisa kurangi pengaruh VOC atau Volatile Organic Compounds yang ada di ruangan rumah Anda. VOC sendiri merupakan senyawa organik yang mempunyai tekanan uang tinggi dan mudah sekali menguap pada temperatur serta tekanan ruangan. Yang demikian tersebut pastinya sangat membahayakan kesehatan. Nah, dengan kemampuan yang dimiliki oleh lantai kayu sehingga menjadikan penghuni terbebas dari efek negatif VOC.

Kekurangan penggunaan lantai kayu di rumah

  • Kekurangan penggunaan lantai kayu yang pertama adalah lantai tersebut pastinya butuh perlakukan khusus supaya tidak mudah keropos. Alasannya, lantai kayu yang kurang mendapat perlakuan khusus pada saat dipasang, bisa jadi sarang rayap dan alami keropos saat lantai tersebut mulai lembab.
  • Dikarenakan bahan dasar dari lantai kayu ini dibuat dari kayu, maka lantai dengan jenis tersebut lebih mudah lapuk apabila terkena air. Ini yang menjadikan cara pembersihan dengan mengepel tidak dianjurkan, ada baiknya Anda menggunakan penyedot debu. Tapi apabila terpaksa Anda bisa gunakan tekstil dapur seperti lap kering.
  • Lantai kayu ini juga rentan sekali terhadap noda cat atau pun tinta, hal tersebut yang menjadikan lantai kayu susah dibersihkan sebab cairan akan langsung meresap ke dalam kayu. Nah, untuk menjaga keawetan dari lantai kayu tersebut, Anda diharuskan untuk bisa menghindari penggunaan air berlebih pada lanyai kayu.

Jadi, apabila Anda mau gunakan lantai kayu di rumah, kenali dulu plus minus di atas ya! Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top