Wisata

Tips Merencanakan Liburan Anak Bernuansa Pendidikan

InfoGue.id – Sebentar lagi liburan  sekolah dimulai, berarti waktunya liburan bersama anak. Tujuan wisata yang itu-tiu saja setiap tahun tentu membuat anak bosan.  Berlibur tentu tidak sebatas aktifitas senang-senang saja namun dapat juga menjadi sarana pendidikan buat anak. Pendidikan tak cuma berlangsung di sekolah saja namun juga dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik. Dan berikut kami akan berbagi beberapa tips dalam merencanaknan Liburan Anak.

Buat Persiapan Jauh-Jauh Hari

Tips Merencanakan Liburan Anak Bernuansa Pendidikan

Jangan dulu memesan angkutan dan akomodasi namun pertimbangkan dahulu pengalaman yang akan anak anda peroleh dari berlibur ini. Pikirkan pula apa yang kira-kira diminati dan aktivitas apa yang dapat dinikmati bersama keluarga. Cari informasi di internet atau minta saran dari teman, atau bertanya pada agen perjalanan. Sesudah ditentukan tujuannya, Anda harus menggali informasi lebih dalam mengenai fasilitas apa saja yang ditawarkan yang akan mendukung liburan edukasi anak anda saat di sana. Anda pun harus mencocokkan dengan minat anak anda sehingga anak anda akan bersemangat mengikuti liburan ini.

Susun Agenda Kegiatan

Setelah tahu sarana apa saja yang disediakan, susunlah agenda perjalanan yang berisi segala kegiatan dan aktifitas selama di lokasi liburan. Catat agenda kegiatan Anda dan anak-anak dan selalu merujuk pada agenda tersebut. Sehingga acara Liburan Anak bernuansa edukasi dapat berjalan sesuai harapan. Isi dengan banyak kegiatan permainan yang menuntut penggunaan daya nalar anak anda.Edukasi semenjak di perjalanan

Anda tak usah menunggu hingga sampai di lokasi berlibur untuk memberikan pendidikan anak. Selama di jalan Anda dapat membuka diskusi mengenai sistem transportasi yang dipakai atau keadaan geografis dari lokasi berlibur. Anda pun dapat mengajak anak ikut menyusun aktifitas yang harus dilakukan selama berlibur.

Tanyakan Kepada Pemandu Wisata

Sesudah tiba di lokasi wisata, anda bisa menemui pemandu wisata atau agen travel dan minta penjelasan tentang lokasi wisata ini. Mungkin mereka akan memberikan saran terbaik aktifitas liburan sambil belajar yang bisa diikuti seluruh anggota keluarga. Anda bisa meminta beberapa brosur mengenai atraksi apa saja yang bisa dilihat. Minta anak anda memilih mana yang mereka ingin datangi.

Buat Sebagai Aktifitas Mengasyikkan

Pastikan bahwa acara yang diikuti itu mengasyikkan dan juga mampu memberikan pendidikan kepada anak. Contohnya acara reguler di suatu museum , atraksi di kebun binatang atau di observatorium. Mungkin anda perlu minta bantuan pemandu wisata dalam menjelaskan beberapa hal yang belum diketahui. Bila kegiatan Liburan Anak ini adalah acara kemping di tepi pantai mungkin anda bisa sekalian menjelaskan berbagai biota laut yang anda tahu. Atau anda bisa menjelaskan proses peredaran matahari mulai dari terbit hingga tenggelamnya saat menyaksikan sunset menakjubkan dari tepi pantai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top